#281016TM4 - PERKEMBANGAN MANAJEMEN LOGISTIK

Perkembangan Manajemen 
Logistik

Definisi




Hasil gambar untuk logistik


            Logistik  adalah suatu proses mengelola secara tepat perpindahan dan penyimpanan material (bahan mentah), part (bahan1/2 jadi) , dan finished inventory (barang jadi) dari supplier (pemasok) antara enterprise facilities dan customer ( pelanggan )..

          Manajemen logistik melibatkan segala sesuatu yang bergerak dari dan antara fasilitas operasi perusahaan. Untuk mencapai aliran tertib produk ke pasar, perhatian manajerial harus diarahkan ke desain sistem logistik dan operasi. Oleh karena itu, tanggung jawab manajemen logistik adalah untuk merancang dan mengelola suatu sistem untuk mengontrol aliran dan strategis penyimpanan bahan, bagian dan barang jadi untuk keuntungan maksimum perusahaan.

Objective of Logistic

             Tujuan dari logistik adalah untuk mengirimkan barang jadi dan bahan material dengan syarat:

1. Dalam jumlah yang benar (jumlah)

2. dikirim dalam waktu yg masih di butuhkan (waktu)

3. Dalam kondisi yang dapat digunakan (kualitas)

4. di kirim ke lokasi yang memerlukan (tempat)

5. total biaya terendah (biaya)

               Tujuan dari kinerja logistik adalah untuk mencapai tingkat yang telah ditetapkan pasar manufaktur pada pengeluaran total biaya terendah. Manajer logistik memiliki tanggung-jawab yang mendasar untuk merencanakan dan mengelola sebuah sistem operasi yang mampu mewujudkan tujuan ini. Dalam luasnya tanggung jawab sistem perencanaan dan administrasi, ada banyak detail dan tugas-tugas kompleks. 

            Ciri khas logistik adalah integrasi dari berbagai dimensi dan tuntutan untuk pergerakan strategis dan penyimpanan. 

             Kinerja logistik memerlukan kegunaan waktu dan tempat (time and place utility).Kegunaan waktu maksudnya barang harus sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu atau efisien.  Barang dipindahkan dari tempat surplus ke tempat yg kekurangan atau defisit.

Berikut adalah perkembangan kontemporer logistik dari tahun ke tahun.

1. Sebelum tahun 1950 (Fragmentasi)
               ciri khas perusahaan diperlakukan proses manajemen logistik secara terpisah-pisah., banyak perusahaan yang memperlakukan proses manajemen logistik secara terpisah-pisah. Munculnya konsep pemasaran intensif sifat kacau operasi logistik. Prioritas yang pemasaran modern ditempatkan pada:
1. perkembangan line item-proliferasi.

2. menjual produk yang sama dari berbagai saluran pemasaran dan retailer yang berbeda.

3. penawaran luas untuk layanan produk yang lebih murah terhadap fisik pemasaran.

2.  1956-1965 (Kristalisasi)(padat dan utuh)
                Periode ini adalah dimana konsep logistik terpadu memadat setelah bertahun-tahun mengalami ketidakjelasan.
 Empat perkembangan utama yang didapatkan dari pengkristalan ini adalah:
a. pengembangan total analisis biaya
b. pengembangan sistem pendekatan
c. meningkatkan kepedulian terhadap layanan pelanggan
d. memperhatikan saluran distribusi yang telah direvisi

Meskipun banyak faktor yang memberikan kontribusi terhadap pengembangan logistik, empat memiliki arti khusus.
 1. pengembangan total biaya analisis. 
 2. penerapan sistem teknologi. 
 3. Pendekatan sistem menyediakan cara untuk mempelajari hubungan kompleks (customer Service)
 4. total biaya menyediakan perangkat pengukuran dan Saluran distribusi.

3. 1965-1970 (Pengujian Relevansi)
               Periode dari 1965 hingga 1970 adalah waktu di mana konsep-konsep dasar logistik yang akan diuji. Hasilnya adalah bahwa manfaat yang dibuat menjadi kenyataan.Banyak perusahaan mulai menerapkan logistik yang terintegrasi.

4. 1970-1978 (Periode Perubahan Prioritas)
             Pada tahun 1970-1978 adalah periode ketidakpastian berkepanjangan di hampir setiap kegiatan perusahaan. Untuk pertama kalinya sejak perang dunia 2, persediaan energi menjadi keprihatinan kritis. Kekurangan energi ditambah dengan kenaikan harga bahan bakar dan minyak menjadi kekhawatiran. Logistik menghadapi kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas energi karena terlibat dalam kegiatan transportasi dan penyimpanan antara konsumen energi terbesar dan paling terlihat. Manajemen logistik mulai membuat rencana pemeliharaan manufaktur dan pengolahan bahan.

            Dampak yang paling signifikan dari periode ini adalah aspek logistik menjadi dikenal, dihargai dan diakui dalam struktur organisasi perusahaan swasta dan publik yang tak terhitung jumlahnya. Konsep-konsep yang telah terbukti menjadi kontributor layak pencapaian tujuan perusahaan. Konsep logistik terkordinasi menyediakan sarana untuk mengatasi ketidakpastian dengan positif.



5. Setelah 1978 (menuju logistik terkordinasi)

             Manajemen logistik yang terintegrasi menjadi lebih umum untuk setidaknya lima alasan:

1. Saling ketergantungan antara kedua wilayah operasional yang dapat dimanfaatkan untuk keuntungan perusahaan.

2. Untuk mendukung logistik terpadu adalah konsep sempit manajemen distribusi dan bahan fisik membuat berpotensi terjadinya antarmuka negatif atau disfungsional.

3. Untuk mengintegrasikan kegiatan fisik distribusi dan bahan manajemen adalah bahwa mengontrol setiap jenis operasi serupa.

4. Untuk integrasi operasional logistik adalah peningkatan kesadaran bahwa ada banyak trade-off antara manufaktur ekonomi dan pemasaran persyaratan yang didamaikan oleh sistem logistik yang dirancang dengan baik.

5.  Misi logistik tidak lagi dapat dikuasai oleh penggunaan teknologi hardware murni.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#18112016 TM 1 - TRANSPORTASI DAN LOGISTIK

#241016MONDAY0930-1200:KP-PTL-S1MTLE-FRIDAY071016

#17122016 TM7 - RangkumanK8 - K13