#16122016 TM6 - AIR CARGO SERVICES
AIR CARGO SERVICE
DEFINISI AIR CARGO & KARAKTERISTIK AIR CARGO
Air cargo adalah semua barang kiriman yang diangkut (
kecuali bagasi penumpang ) dan di letakan pada ruangan/bagian pada pesawat penerbangan .
Kargo udara juga pada umumnya terdiri dari angkutan (umum, berat &
khusus), paketan (dokumen, paket & surat). (Hamoen, 1997)
Karateristik air cargo terbagi menjadi 4 yaitu terdiri dari :
1. Bentuk
2. Ukuran
3. Massa jenis
4. Berat
PERKEMBANGAN AIR CARGO
Menurut Hamoen
(1997), ada 2 faktor yang menjadi faktor utama perkembangan Pada kargo udara yaitu :
1. Pengembangan pasar yang berkaitan
dengan area global & khususnya regional PDB (Produk Domestik Bruto),
pengurangan tarif, peningkatan penawaran rute pelayanan, peningkatan
globalisasi & perdagangan.
2..Adanya Kemajuan teknologi dan teknisi serta
perkembangan pada desain pesawat kargo dan juga efektivitas penanganan pada bagian cargo pesawat .
JARINGAN DAN PELAYANAN AIR CARGO
Jaringan pelayanan Air Cargo terbagi menjadi 3 yaitu :
1. Jaringan Linear : Jaringan ini
membawa pengankutan dari asal ke tujuan tanpa pemberhentian rute.
2. Jaringan Grid Network : Jaringan ini
dapat ditandai dengan penerbangan pendek & menengah seperti halnya
penerbangan dalam negeri.
3. Jaringan Hub and Spoke : Jaringan dimana dipilih suatu titik tempat (bandar udara atau kota) yang berperan
sebagai poros atau inti (hub) dan terdapat banyak rute (spoke) yang menghubungkan
titik sumbu tadi dengan titik-titik (kota-kota) lain sebagai spoke di
sekelilingnya.
FASILITAS AIR CARGO
Ada 4 fasilitas
kargo yang harus diberikan, yaitu :
1. Memberikan pelayanan secara
keseluruhan untuk mereka di wilayah bandara tersebut.
2.Lokasi tempat bandara yang mudah diakses, serta memberikan kepercayaan dan ketepatan waktu pada pelayanan genting kepada customer untuk
tetap bersaing di dalam industri kargo.
3.Baik nya Kondisi & fasilitas bandara
sendiri dalam hal panjangnya landasan terbang, tersedianya jalanan taxi,
peralatan navigasi yang modern & alat sistem pendaratan yang sangat penting
dalam tenggat waktu pengiriman.
4.Pembekalan masa depan untuk bisnis
mereka diwilayah tersebut seperti teknologi terbaru dan pelayanan yang baik
Ada 4 fasilitas
kargo yang harus diberikan, yaitu :
- Memberikan pelayanan secara keseluruhan untuk mereka di wilayah bandara tersebut.
- Lokasi tempat bandara mudah diakses, memberikan kepercayaan dan ketepatan waktu pada pelayanan genting untuk tetap bersaing di dalam industri kargo.
- Kondisi & fasilitas bandara sendiri dalam hal panjangnya landasan terbang, tersedianya jalanan taxi, peralatan navigasi modern & alat sistem pendaratan sangat penting dalam tenggat waktu pengiriman.
- Pembekalan masa depan untuk bisnis mereka diwilayah tersebut.
- Air cargo melayani dalam kepentingan ekonomi yang lebih luas dan sekarang meliputi area pelayanan yang baru seperti door to door, pelayanan tepat waktu, pengiriman JIT (Just In Time) & pelayanan logistik.
- Globalisasi untuk proses pabrik/manufaktur telah membuka batas baru, banyak barang-barang pabrik yang dikirim ke berbagai lokasi sebelum perakitan berakhir.
- Pelayanan air cargo digunakan untuk menjadikan produk cargo mengisi kapasitas penumpang yang tidak digunakan dipesawat.
- Transportasi udara semakin menjadi salah satu elemen dalam rantai intermodal kargo secara keseluruhan.
- Titik fokus telah berpindah dari moda transportasi menjadi barang itu sendiri.
Komentar
Posting Komentar