#17122016 TM7 - RangkumanK8 - K13

TRANSPORTASI DAN LOGISTIK

1.       TRANSPORTASI
 Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin.
2.       LOGISTIK
Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin

STRARTEGI DALAM TRANSPORTASI DARAT
Strategi yang di gunakan dalam transportasi darat :
1 . STRATEGI DALAM ANGKUTAN JALAN
                Untuk mengatasi  Kendala dalam penyediaan lahan untuk pembangunan dapat diatasi dengan strategi optimalisasi jalan yg sudah ada serta pembangunan dalam berbagai sisi yaitu dengan pendayaagunaan jembatan timbang dan underpass serta pembangunan jalan layang .

2.STRATEGI DALAM ANGKUTAN PENYEBRANGAN
Ada 2 strategi yg dapat di gunakan yaitu strategi subtitusi dan komplementer ,

1.     Strategi Subtitusi
Adalah strategi yang dilakukan apabila jika suatu lokasi atau tempat  kegiatan angkutan penyeberangan tidak diperlukan atau dibutuhkan lagi, angkutan penyebrangan yang ada pada lokasi tersebut perlu dilakukan relokasi ke tempat lain yang lebih memerlukan atau membutuhkan.

2.     Strategi komplementer
Adalah strategi yang digunakan bila angkutan penyeberangan mampu bersinergi atau saling terkoordinasi dengan angkutan jalan, sehingga angkutan penyeberangan diposisikan sebagai derived demand , maksudnya angkutan jalan membutuhkan angkutan penyebrangan dalam melakukan kegiatan nya.


ISTILAH TERMS OF TRADE PADA TRASNPORTASI DAN LOGISTIK  DI BAGI MENJADI BEBERAPA MACAM YAITU :
1.     Istilah E digunakan
      ketika importir mengambil tanggung jawab penuh dari titik keberangkatan seperti pembiayaan asuransi dll
2.      istilah F digunakan
ketika biaya pengiriman utama tidak ditanggung oleh eksportir
3.      istilah C digunakan
ketika biaya pengiriman utama ditanggung oleh eksportir
4.      istilah D bekerja
      ketika eksportir mengambil tanggung jawab penuh ke titik kedatangan.
DAN ISTILAH LAIN NYA YAITU :
•        FOB (Free On Board)
Pihak eksportir bertanggung jawab atas komoditas barang, resiko  serta biaya yang muncul hingga sampai pelabuhan muat sementara pihak importir.

•        CFR or CNF (Cost and Freight)
pihak eksportir bertanggung jawab atas biaya dan ongkos angkut (freight) atas komoditas barang hingga sampai pelabuhan tujuan. Namun, risiko yang muncul tersebut ditanggung oleh pihak importir setelah barang  dilakukan pengiriman dan tidak termasuk asuransi.

•        CIF (Cost, Insurance and Freight)
Pihak eksportir menanggung biaya sampai kapal yang memuat barang merapat di pelabuhan tujuan, namun tanggung jawab hanya sampai saat kapal berangkat dari pelabuhan keberangkatan ditambah pihak eksportir wajib membayar asuransi untuk barang yang dikirim.


STRATEGI TRANSPORTASI UDARA
STRATEGI YANG DI GUNAKAN DI DALAM TRANSPORTASI UDARA ADALAH :

1.        Reduce Vertical Separation Minimal (RVSM)
              Pengurangan jarak pisah vertikal antar pesawat dari 2000 menjadi 1000 kaki pada ketinggian 29.000-41.000 (FL290-FL410)Hal ini di di lakukan Untuk meningkatkan kapasitas ruang udara secara optimal,sehingga dapat mengurangi delay pesawat karena pengurangan jarak antar pesawat di perkecil sehingga pesawat dapat lebih banyak melintas.
Kebijakan ini di tujukan .
Untuk pesawat jenis jet penumpang dan cargo (termasuk penerbangan eksekutif)

2.          Eco Airport
             Eco airport adalah airport atau bandara yang ramah lingkungan (friendly environment), yaitu memanfaatkan sumber-sumber daya dari lingkungan yang ada sehingga  dampak kerusakan dan/atau gangguan dan dengan dampak terhadap lingkungan seminimal mungkin

3.          Sky Marshall
           Sistem pengamanan di dalam pesawat selama pesawat terbang yang bertugas secara diam-diam dan menyamar.yang bertujuan untuk mendeteksi melumpuhkan dan mengamankan suatu hal atau kegiatan yang beresiko mengancam keselamatan sebuah penerbangan.

STRATEGI TRANSPORTASI PERKERETAAPIAN

STRATEGI YANG DI GUNAKAN DALAM PEMBAGUNAN TRASNPORTASI PERKERETAAPIAN

1.       RANDOM CHECK

Strategi peningkatan keselamatan dan pelayanan dalam jangka panjang dilakukan melalui pendekatan: pengujian dan sertifikasi kelaikan prasarana dan sarana, audit khusus prasarana dan sarana, pelaksanaan random check sarana, pengujian petugas operasi dan peningkatan keselamatan di JPL (penjaga perlintasan kereta api).

2.        PARTIAL DOUBLE TRACK
Jalur ganda atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai double track adalah jalur kereta api yang jumlahnya dua atau lebih dengan tujuan agar masing-masing jalur digunakan untuk arah yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan kepala dengan kepala (head on) serta untuk meningkatkan kapasitas lintas sehingga pengunaan transportasi kereta menjadi lebih optimal dan disamping itu juga bisa meningkatkan aksesibilitas bila terjadi gangguan terhadap salah satu jalur.

3.       KETERPADUAN INTRA DAN ANTAR MODA

Strategi pengembangan aksesibilitas dilakukan melalui pendekatan pengembangan kereta api perkotaan sebagai angkutan massal berbasis jalan rel, pengaktifan lintas cabang, menghidupkan lintas mati dan mengupayakan keterpaduan intra dan antar moda dalam sistem angkutan jalan rel.

AIR CARGO SERVICE
Air cargo adalah semua barang kiriman yang diangkut ( kecuali bagasi penumpang ) dan di letakan pada  ruangan/bagian pada pesawat penerbangan   .Kargo udara juga pada umumnya terdiri dari angkutan (umum, berat & khusus), paketan (dokumen, paket & surat). (Hamoen, 1997)

Jaringan pelayanan Air Cargo terbagi menjadi 3 yaitu :

1.  Jaringan Linear : Jaringan ini membawa pengankutan dari asal ke tujuan tanpa pemberhentian rute.
2. Jaringan Grid Network : Jaringan ini dapat ditandai dengan penerbangan pendek & menengah seperti halnya penerbangan dalam negeri.

3. Jaringan Hub and Spoke : Jaringan dimana dipilih suatu titik tempat (bandar udara atau kota) yang berperan sebagai poros atau inti (hub) dan terdapat banyak rute (spoke) yang menghubungkan titik sumbu tadi dengan titik-titik (kota-kota) lain sebagai spoke di sekelilingnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#18112016 TM 1 - TRANSPORTASI DAN LOGISTIK

#241016MONDAY0930-1200:KP-PTL-S1MTLE-FRIDAY071016